-->

Alternatif Lain Pupuk Tanaman di Pekarangan Rumah

Karena harga pupuk kimia mahal atau mungkin karena malas untuk pergi beli pupuk ke toko pupuk, kita selalu menelantarkan tanaman yang ada dipekarangan rumah kita sehingga tanaman dipekarangan rumah seperti pohon mangga, pohon jambu , bunga-bunga ditaman tampak layu.   Padahal sebenarnya kalau kita mau, banyak yang bisa kita lakukan untuk tanaman kesayangan  kita  sehingga unsur hara yang  dibutuhkan tanaman tetap tersedia. Berikut beberapa  allternatif  yang bisa digunakan untuk pupuk tanaman kita yang biayanya sangat murah dan malah bisa gratis dengan memanfaatkan apa yang ada dirumah kita. Apa saja itu?


  • Air Bekas Cuci Beras
Daripada air beras dibuang begitu saja, saya selalu memanfaatkannya untuk menyiram tanaman. Jangan kena daun ya karena akan membuat bercak putih pada daun. Cukup siramkan langsung pada tanah.

Air cucian beras mengandung Vitamin B1 mempunyai peranan di dalam metabolisme tanaman dalam hal mengkonversikan karbohidrat menjadi energi untuk menggerakkan aktifitas di dalam tanaman, sehingga dengan demikian tanaman yang mengalami stres karena kondisi bare root (pengiriman tanpa media) ataupun dikarenakan pemindahan tanaman ke media baru, segera melakukan aktifitas metabolisme untuk beradaptasi dengan lingkungan ataupun media yang baru. Untuk tanaman yang sudah sehatpun akan menjadi lebih tidak gampang stres.
  • Air Teh
Kalau semalam Anda membuat teh dan lupa meminumnya. Jangan buang teh itu karena sangat bermanfaat. Salah satu manfaatnya dapat menyuburkan tanaman. Caranya cukup dengan menyiramkan bagian akar dan tanah dengan menggunakan air teh basi tersebut.

  • Ampas Kopi
Bila Anda gemar meminum kopi, jangan buang ampasnya. Ampas kopi kaya kandungan Nitrogen, Fosfor dan Potasium (NPK) yang dibutuhkan tanaman. Demikian yang dirilis oleh soil and plant laboratory inc California amerika serikat. Oleh karenanya tebarkan ampas kopi disekitar perakaran tanaman dan sayuran dipot. Kandungan hara diampas kopi terurai pelan-pelan. Sumber majalah trubus edisi 500

  • Air Sisa Rebus Telur
Telur adalah salah satu sumber protein yang sangat penting. Biasanya Anda apakan air sisa rebusan telur?. Hampir semua orang pasti membuang air tersebut begitu saja. Ternyata air sisa rebusan telur tersebut dapat di gunakan sebagai pupuk tanaman.