-->

pH Tanah dan Cara Mengukur pH tanah dengan Kertas Lakmus




Kertas lakmus untuk mengukur pH tanah




Ada 3 alasan Mengapa pH tanah sangat penting untuk diketahui:


1. pH tanah berpengaruh pada daya serap unsur hara tanaman.  Umumnya unsur hara diserap oleh akar pada pH 6,5 – 7, karena pada pH tersebut sebagian besar unsur hara mudah larut dalam air. Selain itu, derajat keasaman atau pH tanah juga menunjukkan keberadaan unsur-unsur yang bersifat racun bagi tanaman. Misalnya, pada tanah masam banyak ditemukan unsur aluminiun yang selain bersifat racun juga mengikat fosfor, sehingga tidak dapat diserap oleh tanaman.


2. pH tanah berpengaruh pada unsur mikro yang terdapat pada tanah. Pada tanah yang asam unsur-unsur mikro menjadi mudah larut sehingga ditemukan unsur mikro seperti Fe, Zn, Mn, Cu dalam jumlah yang terlalu besar. Akibatnya juga menjadi racun bagi tanaman.

3. Derajat keasaman atau pH tanah sangat mempengaruhi perkembangan mikro organisme di dalam tanah. Hanya pada pH 5,5 – 7 bakteri dan jamur pengurai bahan organik dapat berkembang dengan baik.


Dengan demikian dapat disimpulkan, secara umum pH yang ideal bagi pertumbuhan tanaman adalah mendekati netral (6,5 – 7).  Tindakan pemupukan tidak akan efektif apabila pH tanah diluar batas optimum. Karenanya, pH tanah sangat penting diketahui jika efisiensi pemupukan ingin dicapai.

Derajat keasaman (pH) tanah yang sangat rendah dapat ditingkatkan dengan menebarkan kapur pertanian, sedangkan pH tanah yang terlalu tinggi dapat diturunkan dengan penambahan sulfur.

Adapun tahapan pengukuran pH tanah dengan kertas lakmus, dapat dilihat pada gambar berikut ini.


Tahapan Pengukuran pH tanah dengan Kertas Lakmus:




  1. Ambil segenggam tanah dikebun, paling tidak dibagian setiap sudut kebun dan ditengah (diambil +/- 20 cm kedalaman)
  2. Ambil air minum mineral dengan pH 6 - 7 (bisa aqua, cleo, oxxy, atau air mineral lainnya yang memiliki pH 6-7)
  3. Masukkan segenggam tanah dalam air mineral, dan aduk hingga rata.
  4. Celupkan kertas lakmus kedalam air tanah yang sudah mengendap +/- 30 detik.
  5. Kibaskan kertas lakmus dan lihat warna kertas dan cari yang paling cocok dengan warna yang ada pada kemasan kertas lakmus.
  6. pH tanah ditunjukkan oleh warna yang paling cocok antara kertas lakmus dengan warna - warna yang ada pada kemasan. (setiap warna pada kemasan sudah ada angka - angka yang menunjukkan pH tanah).
Demikianlah  cara mengukur pH tanah dengan kertas lakmus dengan biaya yang murah namun akurat. O, iya. Biasanya kertas lakmusnya bisa ditanya dan dibeli diapotik ya gays. Kalau nggak ketemu, silahkan kontak saya biar saya bantu nyarinya dikota saya.
Semoga artikel ini bermanfaat...